Makalah Perencanaan Pembangunan (RPJM)

Posted: 27 March 2011 in Uncategorized

MAKALAH

PERENCANAAN PEMBANGUNAN

tentang

PROGRAM PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH  DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PESISIR SELATAN

 

 

OLEH

Rinaldi

ILMU ADMINISTRASI NEGARA

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2009

Prioritas Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Malalui Program PKH

(Studi Kasus Kabupaten Pesisir Selatan)

 

Salah satu agenda dan prioritas utama rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) tahun 2004-2009 adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui penanggulangan kemiskinan. Hal ini merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seutuhnya yaitu disegala bidang kehidupan. Dalam pelaksanaan program perencanaan pembangunan jangka menengah ini daerah pesisir selatan telah melaksanakan program perencanaan pembangunan jangka menengah ini yang mana agenda ini telah  dibahas dalam pertemuan antara kasi informasi departemen kominfo RI dengan bupati pesisir selatan H. Nasrul abit, pada hari jum’at tanggal 23 Oktober lalu di painan yang terkait masalah pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) 2009. Pertemuan yang dilanjutkan dengan peninjauan lokasi PKH tersebut dihadiri Kadis Perhubungan dan Inforkom, Drs. Editiyawarman M.Si, Kadis Sosnakertrans, Drs. Ismael dan beberapa pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kesehatan Pesisir selatan.

Dijelaskan,upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat dilakukan pemerintah dengan pendekatan terpadu, terencana, berkesinambungan dan melibatkan berbagai pihak dengan menetapkan jalur Strategi Pembangunan yaitu Pro-Pertumbuhan, untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui upaya menarik investasi, ekspor, bisnis dan perbaikan iklim investasi. Pro Lapangan Kerja, untuk menciptakan lapangan kerja termasuk di dalamnya menciptakan lapangan kerja termasuk didalamnya menciptakan pasar tenaga kerja dan hubungan industri yang kondusif. Berikutnya adalah pro masyarakat miskin, untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas masyarakat agar dapat berkonstribusi terhadap pembangunan, memperluas akses terhadap pelayanan dasar, merevitalisasi sektor pertanian, kehutanan , kelautan dan ekonomi pedesaan.

Untuk koordinasi penanggulangan kemiskinan,pemerintah mengelompokkan program-program penanggulangan kemiskinan tersebut berdasarkan segmentasi masyarakat miskin penerima program dalam tiga kelompok ( Cluster) sebagai berikut :

  • Cluster Pertama adalah program yang memberikan bantuan dan perlindungan sosial yang ditujukan kepada masyarakat yang paling miskin.kelompok ini tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar mereka, sehingga tanpa diberi bantuan sosial kondisi  mereka akan semakin sulit. Termasuk dalam program ini antara lain : Subsidi Minyak Tanah, Raskin, PKH, Jamkesmas dan BLT.
  • Cluster Kedua adalah program yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat dengan tujuan pemberdayaan masyarakat dengan tujuan memberdayakan masyarakat. Mereka yang tidak termasuk atau sudah lepas dari cluster 1 didorong dan difasilitasi untuk dapat mengoptimalkan  potensi dan lingkungan yang mereka miliki. Melalui pemberdayaan diharapkan masyarakat dapat berperan berperan sebagai subyek pembangunan dan secara mandiri mampu menyelesaikan permasalahan kemiskinan. Adapun program yang masuk kelompok ini adalah program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM).
  • Cluster Ketiga adalah program pemberdayaan/ pembinaan usaha mikro dan kecil. Program ini ditujukan bagi mereka yang sudah tidak termasuk pada cluster 1 dan 2, karena dinilai memiliki mata pencarian atau usaha yang cukup untuk dapat membiayai kebutuhan dasar, tetapi perlu ditingkatkan. Termasuk dalam kelompok tersebut adalah kredit usaha rakyat (KUR).

Berdasarkan Program Jangka Menengah tersebut diatas Pesisir Selatan telah melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah berjalan selama 3 tahun (2007-2009). Pelaksanaan program ini dilapangan berjalan cukup baik dan sesuai ketentuan yang berlaku. Kebijakan PKH merupakan salah satu program dalam cluster pertama. Program ini didasarkan pengalaman masa lalu yang menunjukkan bahwa upaya penanggulangan kemiskinan tidak dapat dilakukan secara parsial, ad-hoc dan sesaat. Namun memerlukan pendekatan yang sistematik, strategi yang komprehensif, terintegrasi dan berkelanjutan melalui partisipasi seluruh unsur masyarakat.

Perlindungan diberikan dalam rangka membantu rumah tangga miskin (RTSM) untuk dapat memenuhi kebutuhan minimal serta dalam jangka panjang meningkatkan kualitas sumberdaya anak-anak mereka. Dengan demikian, diharapkan generasi berikutnya memperoleh penghidupan yang lebih baik. PKH adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada RTSM, dimana sebagai imbalannya diwajibkan untuk memeriksakan anggota keluarganya kepuskesmas atau menyekolahkan anak-anak mereka dengan tingkat kehadiran sesuai ketentuan. Selain memperoleh uang tunai, RTSM akan meneriam fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan. Walaupun tidak ada persyaratan bagi pengguna uang tunai yang diberikan, namun dengan adanya kewajiban tersebut, maka pemberian uang tunai tadi bukanlah pemberian yang bersifat Cuma-Cuma. Kewajiban yang harus dilaksanakan oleh RTSM terkait dengan peningkatan  kualitas sumberdaya manusia, kesehatan ibu hamil dan anak.

Pelaksanaan PKH dilapangan membutuhkan kesiapan yang memadai dari penyedia pelayanan baik bagi pelayanan kesehatan maupun pendidikan. Dan keikutsertaan Pemerintah Daerah dalam membantu meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan dan pendidikan sangat diharapkan. PKH yang akan dikembangkan secara bertahap dan berkesinambungan hingga tahun 2015, diharapkan akan mempercepat pencapaian tujuan Millenium, Development Goals (MDGs). Khususnya menyangkut pengurangan Penduduk Miskin, Pencapaian Pendidikan Dasar, Pengurangan Angka Kematian Bayi dan Balita, Ibu Melahirkan serta kesetaraan Gender. Dalam pelaksanaan Program PKH di Pesisir Selatan Program ini diarahkan kepada RTSM yang ada disejumlah Kecamatan. Tahun 2007 Dua Kecamatan masing-masing Lunang Silaut yang terdiri (1.251 RTSM) dan Linggo Sari Baganti (2.393 RTSM). Tahun 2008 Dua Kecamatan yaitu Sutera (1.154 RTSM) dan Lengayang (1.318 RTSM). Selanjutnya, Tahun 2009 Tiga Kecamatan yaitu Pancung Soal (1.191 RTSM), Bayang (736 RTSM) dan Koto XI Tarusan (603 RTSM). Sementara pembayaran Dana Peserta PKH tahun 2007 berjumlah Rp. 4.954.608.000, tahun 2008 Rp.7.768.646.000 dan 2009 Rp.7.569.730.000. total pembayaran 2007-2009 adalah Rp.20.292.984.000.

Skenario besaran bantuan, untuk bantuan tetap Rp.200.000/RTSM/tahun, anak balita Rp.800.000/RTSM/tahun, ibu hamil/ menyusui Rp 800.000/RTSM/tahun, anak usia SD Rp 400.000/RTSM/tahun dan anak usia SMP Rp 800.000/RTSM/Tahun. Rata-rata bantuan per RTSM adalah Rp 1.400.000/tahun. Bantuan minimum Rp 600.000/tahun dan maksimum Rp 2.200.000/tahun. Bantuan ini diterima oleh ibu atau wanita dewasa yang mengurus anak pada RTSM. Dengan bantuan PKH ini telah berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan serta peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan didaerah, namun yang perlu juga diperhatikan adalah bahwa program ini hendaknya dilanjutkan sehingga seluruh RTSM Pesisir Selatan dapat tersentuh dan dapat juga diikuti oleh daerah-daerah sumbar lainnya sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat. Manfaat dari program ini dalam kurun waktu tiga tahun terakhir telah terlihat penurunan angka kemiskinan di pesisir selatan, dimana pada tahun 2006 jumlah KK miskin berjumlah 41,414 KK, 2007 turun menjadi 36,480 KK dan 2008 menjadi 30,649 KK. Penurunan angka kemiskinan ini tidak terlepas dari sejumlah program pembangunan jangka menengah antara lain : PKH, PNPM, P2KP, Kredit Mikro Nagari, KPER, Jamkesmas, bantuan subsidi pupuk, benih dan lain sebagainya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s