Makalah Tentang Status Kepegawaian

Posted: 27 March 2011 in Uncategorized

TUGAS

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

‘’STATUS KEPEGAWAIAN’’

 

 

OLEH

ALDY IAN


ILMU ADMINISTRASI NEGARA

2008

 

 


STATUS KEPEGAWAIAN

 

1.Pegawai Percobaan

Pegawai percobaan pada umumnya adalah seorang pegawai yang baru diangkat,baik dalam lingkungan lembaga pemerintahan maupun dalam lingkungan swasta yang memiliki status sebagai pegawai percobaan.

Dalam lingkungan lembaga pemerintah,pegawai dengan status percobaan ini dikenal dengan istilah CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).batas masa waktu percobaannya adalah 1 atau 2 tahun dengan gaji 80% gaji pokok sesuai dengan (PP 7/1979).Dalam lingkungan lembaga Swasta,pegawai dengan status percobaan ini dikenal dengan pekerja atau karyawan percobaan.Masa pertcobaannya tidak boleh lebih dari 3 bulan se4suai UU 12/1964,Tentang pemutusan hubungan kerja.

Pegawai dengan satatus percobaan secara yuridis mempunyai kedudukan yang sangat lemah didalam lembaga pemerintahan maupun swasta.Apabila ia membuat kesalahan,hubungannya kerjanya dengan pihak perusahaan akan mudah diputuskan tanpa syarat.Apabila ia dapat melalui masa percobaan yang telah ditentukan,yaitu 3 bulan bagi pekerja swasta dan 1 tahun bagi pegawai negeri,dan hasil pekerjaannya baik,masa percobaan itu akan dihitung sebagai masa kerja.

2. Pegawai Harian

Pegawai harian adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga atau pada suatu perusahaan,baik itu perusahaan pemerintahan maupun swasta,dengan menerima upah berdasarkan waktu setiap harinya.

Upah pegawai harian dibayar setiap hari,setiap satu atau dua minggu atau setiap bulan,tergantung kesepakatan atau peraturan perusahaan yang bersangkutan.

Pegawai harian dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Pegawai harian lepas,adalah pegawai yang memp[unyai kedudukan hukum yang sangat lemah karena ia tidak banyak terikat oleh peraturan perusahaan,terutama yang menyangkut  waktu kerja setiap harinya dan pemutusan hubungan kerja dengan perusahaan sewaktu-waktu dapat terjadi tanpa syarat.
  2. Pegawai harian sementara,adalah pegawai yang mempunyai kedudukan hukum yang lebih baik dan umumnya pegawai ini cendrung dapat ditingkatkan status hukumnya menjadi pegawai tetap.nasib pegawai harian sementara hampir sama dengan pegawai harian lepas,dalam arti pemutusan hubungan kerja dapat terjadi sewaktu-waktu.
  3. Pegawai harian tetap,adalah pegawai yang mempunyai kedudukan lebih kuat dari pada pegawai harian lepas dan pegawai harian sementara.pegawai harian tetap pada umumnya punya masa kerja yang relatif lebih lama dari p[egawai harian lepas dan pegawai harian sementara,karena pegawai harian tetap pada umumnya merupakan peningkatan status dari pegawai harian lepas.

3. Pegawai Bulanan

Pegawai bulanan adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga atau perusahaan,baik itu lembaga/perusahaan negara maupun swasta,dengan menerima upah berdasarkan waktu setiap bulan takwin sekali.pegawai dengan status seperti ini tidak dibayar berdasarkan jumlah hari kerja yang dimilikinya pada setiap bulannya.upah pegawai tersebut tidak berubah jumlahnya,meskipun tidak penuh sebulan bekerja,baik karena hari libur maupun alasan lainnya.pegawai ini pada umumnya adalah pegawai tetap.dibeberapa perusahaan status pegawai bulanan itu adalah peningkatan dari status pegawai harian tetap,setelah dipenuhi persyaratan tertentu.Dengan kedudukan sebagai pegawai bulanan,bukan saja kedudukan hukumnya lebih kuat,tapi hak dan kewajiban dan tanggung jawabnyapun bertambah besar juga,sedang diperusahaan besar,pegawai bulanan diberiakan hak pensiun yang besarnya tergantung pada kemampuan perusahaan bersangkutan

4. Pegawai Borongan

Pegawai borongan adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga maupun perusahaan baik lembaga atau perusahaan negara maupun swasta,dengan menerima upah berdasarkan satuan hasil kerja yang dicapainya.besar upah pegawai ini kadang-kadang lebih besar atau kecil dari upah rata-rata yang diterimanya setiap hari.jumlah pegawai dengan status borongan dibeberapa perusahaan tertentu umumnya lebih besar daripada jumlah pegawai dengan status lainnya.kedudukan hukum pegawai borongan dalam hubungannya dengan perusahaan pada umumnya sama denagn hak dan kewajiban pegawai harian dan bulanan.

5. Pegawai Musiman

Pegawai musiman adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga atau perusahaan baik perusahaan milik negara maupun perusahaan swasta selama janglka waktu tertentu.pegawai musiman banyak dijumpai diperusahaan-perusahaan yang kegiatan operasionalnya bersifat musiman,misalnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan,soda,garam dan lain sebagainya.upah yang diterima oleh pegawai musiman dapat bersifat borongan,harian maupun bulanan.hubungan kerja berakhir bila pekerjaan musiman itu selesai dilakukan.

Dibeberapa perusahaan tertentu pegawai ini dapat bekerja pada perusahaan yang bersangkutan pada tahun-tahun berikutnya,sejauh hubungan kerja pegawai itu dengan perusahaan,karena sesuatu alasan,tidak pernah terputus.pegawai musiman mempunyai hak untuk memperoleh pensiun dan hak-hak lain seperti yang dapat diperoleh pegawai harian atau bulanan tetap.Besar pensiun diperhitungkan berdasarkan lama kerja yang dimiliki setiap tahunnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s